Seminar Transformasi Pendidikan yang Diselengggarakan oleh Direktorat PPG di Indonesia dan Australia

oleh -242 Dilihat
oleh

Medan, Rizk News – Direktorat PPG mengadakan seminar tentang Transformasi Pendidikan di Indonesia dan Australia yang berlangsung pada tanggal 20 Maret 2023 di Universitas Negeri Surabaya. Acara ini diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Profesi Guru (PPG) dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Seminar bilateral ini membahas Transformasi Pendidikan Profesi Guru di Indonesia dan Australia, dengan fokus pada Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan, yang merupakan program transformasi pendidikan untuk menghasilkan guru pemula yang profesional. Tujuan PPG Prajabatan adalah menghasilkan guru pemula yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila, menguasai kompetensi dasar guru, mengorientasikan pembelajarannya kepada peserta didik, berkomitmen menjadi teladan dan pembelajar sepanjang hayat, serta menjalankan prinsip dasar kepemimpinan.

Seminar ini merupakan hasil kerja sama antara Direktorat PPG dengan Program Studi PPG UNESA. Para narasumber yang hadir berasal dari para pemangku kepentingan yang terkait erat dengan penyelenggaraan PPG Prajabatan serta delegasi konsorsium pendidikan guru negara Australia.

Sebelum seminar ini diselenggarakan, Direktorat PPG telah melakukan kunjungan belajar ke Australia di bawah naungan program kerja sama antara Ditjen GTK dan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dengan INOVASI.

Australia merupakan negara mitra Indonesia yang memiliki kesamaan visi dalam meningkatkan mutu pendidikan guru, khususnya terkait program PPG Prajabatan. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan studi lapangan, kebijakan, dan perbandingan praktik baik program Pendidikan Calon Guru (Initial Teacher Education) di Australia dan fokus pada perkembangan implementasi program Pendidikan Calon Guru di beberapa negara bagian Australia.

Seminar bilateral ini diadakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan kunjungan belajar tersebut, untuk merumuskan lebih lanjut praktik baik yang bisa diterapkan dalam tata kelola PPG. Direktur Temu berharap ada peningkatan kerja sama antara penyelenggara PPG dengan konsorsium penyelenggaraan pendidikan guru di Australia dalam rangka peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan guru di kedua belah pihak.

WSU juga memiliki rencana besar di Indonesia dengan mendirikan kampus WSU di Surabaya dan sedang dalam proses pengurusan izin ke Kemendikbudristek. Dalam sambutannya, Pro Vice Chancellor International dari Western Sydney University (WSU), Linda Taylor, menyatakan bahwa pendidikan merupakan fondasi utama dari semua perubahan sosial dan Indonesia mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun masa depan pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.