Hasil Seleksi SPAN PTKIN 2023 Diumumkan, 75.362 Siswa Lulus Seleksi

oleh -215 Dilihat
oleh

Medan, Rizk News – Hasil seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) telah diumumkan hari ini. Ketua Panitia SPAN PTKIN, Imam Taufiq, mengatakan bahwa ada 75.362 siswa yang dinyatakan lulus seleksi.

SPAN PTKIN adalah pola seleksi nasional yang dilakukan oleh seluruh UIN, IAIN, dan STAIN dalam satu sistem terpadu. Seleksi ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya, tanpa ujian tertulis. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi harus melakukan pendaftaran ulang dengan prosedur yang ditetapkan oleh masing-masing PTKIN.

Imam Taufiq juga mengatakan bahwa setelah penyelenggaraan SPAN-PTKIN selesai, Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN akan menggelar seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) untuk peserta yang belum lolos SPAN-PTKIN. Pendaftaran UM-PTKIN akan dibuka pada 10 April sampai 15 Mei 2023.

Imam Taufiq menambahkan bahwa para peserta yang dinyatakan lulus seleksi diharapkan segera melakukan registrasi ke kampus masing-masing dengan memanfaatkan skema beasiswa secara kompetitif yang diatur oleh masing-masing kampus PTKIN, seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) yang bekerja sama dengan LPDP, Beasiswa Baznas, dan lainnya.

Sepuluh kampus PTKIN dengan peminat terbanyak dan 10 kampus PTKIN dengan pendaftar pilihan I terbanyak juga diumumkan dalam artikel tersebut. Kampus-kampus tersebut di antaranya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Walisongo Semarang, UIN Imam Bonjol Padang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Alauddin Makassar, UIN Sumatera Utara Medan, dan UIN Raden Intan Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.