Akademi Kepolisian 2023: Pendaftaran Resmi Dibuka

oleh -251 Dilihat
oleh

Medan, Rizk News – Pendaftaran Akademi Kepolisian 2023 telah dibuka dari tanggal 4 April hingga 14 April 2023. Pendaftaran ini terbuka bagi para peserta didik yang akan memulai belajar mengajar pada 2 Agustus 2023.

Pendaftaran ini mencakup tiga jenis kursus yaitu Taruna Akpol, Bintara Polri, dan Tamtama Polri. Hanya ada 175 kursi yang tersedia dan terdiri dari 150 laki-laki dan 25 perempuan. Setelah terpilih, peserta didik akan belajar selama 4 tahun di Akpol Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah.

Syarat pendaftaran Akademi Kepolisian 2023 meliputi syarat umum dan syarat khusus. Syarat umum termasuk menjadi Warga Negara Indonesia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehat jasmani dan rohani, minimal berumur 18 tahun pada saat diangkat menjadi anggota Polri, tidak pernah dipidana karena melakukan kejahatan dan berwibawa, jujur, adil, dan berkelakuan tidak tercela.

Syarat khusus, selain syarat umum, telah ditetapkan oleh Kapolri melalui surat pengumuman tentang pendaftaran Akademi Kepolisian 2023. Syarat khusus termasuk di antaranya, pelamar harus bukan anggota atau mantan anggota Polri/TNI dan PNS, serta belum pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI.

Peserta harus memiliki ijazah minimal SMA/MA jurusan IPA/IPS dengan nilai kelulusan rata-rata sesuai ketentuan, termasuk nilai kelulusan khusus bagi Papua dan Papua Barat. Bagi peserta yang masih kelas XII, nilai rapor rata-rata semester V minimal 80,00 atau A bagi yang menggunakan alfabet.

Peserta yang berusia 16 sampai 17 tahun membutuhkan nilai rapor rata-rata semester V minimal 85,00 atau A bagi yang menggunakan alfabet dan nilai rapor rata-rata Bahasa Inggris minimal 85,00 atau A bagi yang menggunakan alfabet, serta sertifikat TOEFL dengan skor minimal 500.

Ketentuan lain yang harus dipenuhi oleh para calon peserta didik Akademi Kepolisian 2023 adalah memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita serta memiliki berat badan ideal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, para calon peserta didik juga diwajibkan untuk melampirkan berbagai dokumen pendukung, seperti surat keterangan sehat, surat keterangan lulus ujian nasional atau ijazah terakhir, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), dan berbagai dokumen lainnya sesuai dengan syarat yang telah ditentukan.

Bagi para calon peserta didik yang memenuhi semua syarat yang telah ditetapkan, mereka dapat mendaftar secara online melalui laman resmi penerimaan Polri dengan mengikuti prosedur pendaftaran yang telah ditentukan. Selain itu, para calon peserta didik juga diwajibkan untuk mengikuti serangkaian tahapan seleksi yang meliputi tes tertulis, tes kesehatan, tes jasmani, dan tes psikologi.

Diharapkan dengan adanya penerimaan Akademi Kepolisian 2023 ini, dapat terpilih para calon peserta didik yang memiliki integritas, kemampuan, dan kompetensi yang tinggi untuk menjadi anggota Polri yang profesional dan bertanggung jawab dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.