Prof. Reini: Pertukaran Pengetahuan Kunci dalam Penciptaan Nilai Tambah dan Solusi atas Permasalahan

oleh -203 Dilihat
oleh

Medan, Rizk News – Pada acara Wisuda Kedua Tahun Akademik 2022/2023 yang diadakan pada Sabtu (8/4/2023), Rektor Institut Teknologi Bandung, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., memberikan pidato dengan tema “Berkontribusi dengan Pertukaran Pengetahuan”.

Prof. Reini menyatakan bahwa para wisudawan yang telah lulus akan memasuki fase baru dalam perjalanan karier mereka, yaitu memberikan kontribusi. Kondisi pengetahuan tumbuh dan berkembang pesat saat ini, sehingga perkembangan pengetahuan tersebut dapat menimbulkan peluang dan tantangan baru.

“Pertukaran pengetahuan menjadi sebuah faktor kunci dalam penciptaan nilai tambah atau menjawab permasalahan,” kata Prof. Reini.

Oleh karena itu, ia menekankan perlunya interaksi sosial dan pertukaran pengetahuan dengan berbagai pihak untuk menciptakan nilai tambah atau menjawab permasalahan. Dibutuhkan penggalian kebutuhan dengan mitra kerjasama untuk mempertemukan antara kebutuhan dengan pengetahuan/kompetensi yang dimiliki.

Prof. Reini juga mengingatkan pentingnya memegang nilai, tradisi, dan sikap tertentu saat melakukan interaksi dan pertukaran pengetahuan dengan pihak lain. ITB tengah menjalankan program Penguatan Budaya Ilmiah Unggul (BIU) melalui Kantor Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi (WRRI). Rektor juga menyinggung tentang peluang digital connectivity yang semakin mendukung penguatan budaya ilmiah di berbagai elemen masyarakat.

Di akhir sambutannya, Prof. Reini mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para wisudawan atas keberhasilan mereka dan kepercayaan orang tua mereka yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk menempuh pendidikan di ITB. Ia berharap para wisudawan tetap terus berkarya dan menjadi duta budaya ilmiah ITB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.