Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat ITB 2023

oleh -233 Dilihat
oleh

Medan, Rizk News – Dua puluh empat mahasiswa dari berbagai fakultas dan program studi di Institut Teknologi Bandung mengikuti tahapan seleksi Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mapres) tingkat ITB 2023 pada hari Rabu, 12 April 2023. Kegiatan tersebut dilakukan secara daring dan dibagi menjadi tiga sesi.

Pada sesi pertama, mahasiswa melakukan presentasi Gagasan Kreatif dengan bahasa Indonesia selama 7 menit. Kemudian dilanjutkan dengan pidato berbahasa Inggris dengan tema SDGs yang berbeda dengan Gagasan Kreatif yang berdurasi 5 menit pada sesi kedua. Terakhir, mahasiswa diwawancarai perihal Capaian Unggulan pada sesi ketiga.

Direktur Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB, Dr. G. Prasetyo Adhitama, dalam sambutannya mengatakan bahwa ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi adalah model untuk mengekspresikan mahasiswa ITB yang unggul. Mahasiswa unggul adalah mahasiswa yang memiliki keseimbangan di level yang tinggi, di mana kemampuan akademis seimbang dengan kemampuan sofskill.

Tujuan pendidikan ITB adalah menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang akademik dan memiliki softskill yang terampil. Oleh karena itu, para perwakilan Mapres dari setiap fakultas diminta untuk memberikan berkas capaian akademik, capaian unggulan, dan capaian-capaian lainnya di bidang non-akademik.

Capaian yang didapatkan oleh mahasiswa meliputi prestasi di bidang akademik dan non-akademik melalui kompetisi, aktif dalam berbagai organisasi, dan capaian unggul lainnya yang dapat dianggap memberikan kontribusi. Secara formal, dari seluruh peserta Mapres tersebut akan dipilih satu orang pemenang. Namun, menurut Prasetyo, semua mahasiswa yang hadir saat itu dan menjadi perwakilan dari setiap Fakultas/Sekolah merupakan mahasiswa berprestasi ITB.

Prasetyo berharap mahasiswa dapat melalui rangkaian seleksi dengan baik dan mampu membuktikan karakter mahasiswa berprestasi di ITB yang unggul di tingkat nasional di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.