Universitas Sumatera Utara Jalin Kerjasama dengan Wegeningen University of Reasearch

oleh -208 Dilihat
oleh

Medan, Rizk News – Universitas Sumatera Utara (USU) telah menyepakati kerjasama dengan Wageningen Research University di Belanda. Kesepakatan tersebut dilakukan saat kunjungan delegasi dari Universitas Sumatera Utara yaitu Wakil Rektor III USU Prof. Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan., S.Si, M.Si., Apt dan Dekan Pertanian USU. , Dr. Eilish Tavi Supriana, MS, Wageningen Research University, Belanda, 7-10. Maret 2023.

Delegasi dari Universitas Sumatera Utara menawarkan kerjasama penelitian di bidang Pertanian (Pertanian). Topik yang ditawarkan dalam agenda konferensi meliputi agribisnis, agronomi, pemuliaan tanaman, ilmu tanah dan perlindungan tanaman, teknologi pangan dan pertanian, ilmu hewan dan manajemen sumber daya air.

Pada kesempatan tersebut, Universitas Sumatera Utara juga terlibat dalam kegiatan WISE (Wageningen-Indonesia Scientific Exposure) dengan tema “Menuju penelitian pertanian dan ilmu hayati Indonesia yang berkualitas melalui kolaborasi interdisipliner”.

Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Universitas Shaia Kuala (USK), Universitas Andalas (UNAND), Universitas Riau (UNRI), Universitas Jambi, LPDP, Dirjendikti dan BRIN. Semua delegasi sepakat untuk membentuk WUR (Wageningen University of Research) dan empat serikat peneliti universitas. Kegiatan ini didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Den Haag, Belanda.

Agus Setiabudi, M.Si Wakil Rektor III USU berharap dapat melihat kerjasama lebih lanjut antara peneliti USU dan peneliti WUR setelah kerjasama dengan WUR ini. Beberapa topik didiskusikan pada meja bundar tersebut, antara lain produksi protein berkelanjutan (baik keberlanjutan ekonomi, mata pencaharian, kelestarian lingkungan, kelautan, terestrial dan lingkungan sosial).

Mengembangkan mata rantai pertanian Indonesia yang kuat, menghubungkan produksi pertanian daerah dengan pasar, meningkatkan ketahanan pangan, produksi dan pemerataan keuntungan. (Biaya) Kesiapsiagaan epidemi dan pandemi untuk pengawasan yang efektif dan masalah lainnya.

Profesor Poppy akan berbicara dengan Dosen Pertanian (Dr. Diana Chalil) dan Dr. Maja Slingerland (WUR) tentang Pohon Kelapa Sawit Berkelanjutan di Jakarta pada tanggal 23 Februari 2023. Hal ini dimaksudkan sebagai pintu gerbang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama penelitian internasional yang dilaksanakan oleh staf pengajar Universitas Sumatera Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.