Universitas Negeri Medan Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 dengan Tema “Bergerak Bersama, Semarakkan Merdeka Belajar”

oleh -245 Dilihat
oleh

Medan, Rizk News – Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 dengan mengangkat tema “Bergerak Bersama, Semarakkan Merdeka Belajar”.

Upacara tersebut dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Biro, Ketua Lembaga, dosen, tenaga kependidikan, serta ratusan perwakilan mahasiswa di Lapangan Serbaguna Unimed pada Selasa (02/05).

Dalam upacara tersebut, Rektor Unimed, Prof. Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. membacakan pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. Selama tiga tahun terakhir, Indonesia telah melaksanakan perubahan besar di sektor pendidikan dengan meluncurkan 24 episode Merdeka Belajar.

Program ini membawa Indonesia semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Merdeka Belajar memberikan dampak yang positif pada dunia pendidikan Indonesia. Sekarang, anak-anak bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

Para kepala sekolah dan kepala daerah juga dapat memantau kualitas pendidikan dengan menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan. Para guru juga berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Rektor Unimed mengajak seluruh peserta upacara untuk merefleksikan setiap tantangan yang telah dihadapi dalam tiga tahun terakhir dan setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil. Dengan merefleksikan hal-hal tersebut, kita dapat merancang arah perjalanan ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar.

Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.