Universitas Mataram dan Central Bicol State University of Agriculture Kerjasama Pendidikan dan Riset

oleh -248 Dilihat
oleh

Medan, Rizk News – Pada tanggal 28 April 2023, Universitas Mataram (Unram) dan Central Bicol State University of Agriculture (CBSUA), Filipina, mengadakan rapat kolaborasi di Ruang Sidang Rektor, Rektorat Unram. Rapat tersebut bertujuan untuk membahas program kerjasama antara kedua universitas dan juga menerima sepuluh mahasiswa CBSUA yang akan melaksanakan pertukaran mahasiswa di Unram selama satu bulan.

Kedatangan mahasiswa CBSUA didampingi oleh tiga delegasi yaitu Dr. Marilyn Balderas, Dr. Emma Jarcia, dan Dr. Darrel Ocampo. Dalam rapat tersebut, dibahas kolaborasi-kolaborasi yang akan dilakukan Unram dengan CBSUA. Saat ini sudah ada program kerja sama yang sedang berlangsung yaitu International Credit Transfer Program (ICTP) atau program pertukaran mahasiswa selama satu bulan.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., menyatakan bahwa kolaborasi ini merupakan langkah awal yang baik bagi generasi muda dengan dikirimnya mahasiswa Unram dan CBSUA untuk memperkuat relasi dan kerja sama kedua negara. Ia juga menyatakan bahwa dengan adanya pertemuan ini, Unram bisa meningkatkan kerjasama dengan CBSUA yang memungkinkan terciptanya program Joint Degree atau bahkan Double Degree.

Dr. Marylin Balderas menanggapi positif pernyataan Rektor Unram. Ia berharap Unram dapat membantu dalam penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) untuk implementasi program ICTP lebih lanjut. Selain itu, ia juga menawarkan kolaborasi dengan tiga program sarjana yang ada di CBSUA, yaitu Bachelor of Science in Agriculture, Bachelor of Agricultural Technology, and Bachelor of Science in Agroforestry.

Kedua universitas juga ingin memperkuat kolaborasi di bidang akademik dan riset. Ada beberapa rencana kerjasama ke depan yang dapat dilakukan Unram dan CBSUA seperti pelatihan instruksional bahasa Inggris bagi dosen-dosen Unram dan kolaborasi penelitian antara dosen Unram dan CBSUA, yang diharapkan dapat berjalan tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.