Laporan Tahunan UNP Tahun 2022 Disampaikan di Sidang Terbuka MWA

oleh -251 Dilihat
oleh

Medan, Rizk News – Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Negeri Padang (UNP) menerima laporan pertanggungjawaban rektor mengenai kegiatan UNP tahun 2022 pada sidang terbuka MWA yang digelar pada Kamis, 4 Mei 2023 di Auditorium UNP.

Sidang tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi, seperti Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Gubernur Sumatera Barat, anggota MWA, Ketua Senat Akademik Universitas, dan tenaga kependidikan UNP.

Ketua MWA UNP Prof Mawardi Effendi menyatakan bahwa sidang tersebut merupakan sidang terbuka perdana yang diadakan semenjak UNP menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) dengan tujuan untuk menunjukkan pertanggungjawaban rektor terhadap kegiatan UNP tahun 2022 serta untuk menunjukkan bahwa MWA dengan rektor bertanggung jawab dalam pengelolaan UNP kepada pemerintah, keluarga besar UNP, pemangku kepentingan lain, dan masyarakat umum.

Rektor UNP Prof Ganefri mengatakan bahwa kegiatan tersebut selain sebagai acara inti laporan tahunan rektor, juga sebagai ajang silaturahmi bagi civitas akademika dengan MWA dan SAU UNP. Ia juga menjelaskan bahwa penyusunan dan penyajian laporan keuangan UNP mengacu pada keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 379/M/KPT/2018 tentang Kebijakan Akuntansi bagi PTN-BH.

Ganefri menyatakan bahwa UNP terus berupaya meningkatkan reputasi akademiknya agar lebih dikenal secara internasional. Untuk mewujudkan hal tersebut, UNP terus meningkatkan riset yang terindeks internasional, menghasilkan kreativitas dan inovasi kekayaan intelektual yang telah dipatenkan, menambah jumlah dosen agar ideal dengan rasio mahasiswa, serta terus mengundang mahasiswa asing untuk berkuliah di UNP. Saat ini, 26 dari 84 program studi di UNP telah terakreditasi internasional.

Ganefri menambahkan bahwa UNP saat ini memiliki 1.355 dosen, dengan jumlah guru besar yang meningkat dari 40 orang lima tahun lalu menjadi 89 orang saat ini, dengan target mencapai 100 orang pada tahun ini.

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dirjen Dikti Ristek), Prof Nizam mengapresiasi capaian dan transformasi UNP sejak berstatus PTN-BH. Namun, ia mengingatkan bahwa UNP harus selalu melakukan refleksi dan memperkuat tim dalam mengelola aset, keuangan, SDM, dan akademik sebagai PTN-BH yang otonom.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Iwan Syahril, menegaskan bahwa esensi dari Merdeka Belajar sebenarnya adalah untuk mencari solusi terhadap krisis pembelajaran yang sangat fundamental. Indonesia mendapat penghargaan dari dunia internasional atas berbagai inovasi yang dilakukan oleh pendidikan tinggi di Indonesia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, Arifin Tasrif, dalam video sambutannya mengatakan bahwa laporan tahunan UNP 2022 adalah bukti pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan fungsi UNP untuk mencapai tujuan dan sasaran selama tahun 2022. Ini juga mencerminkan komitmen dalam menjalankan visi dan misi UNP.

Beberapa tantangan ke depan yang perlu dihadapi adalah meningkatkan persaingan antara perguruan tinggi nasional dan internasional serta meningkatkan kompetensi dan kualitas lulusan perguruan tinggi.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, mengapresiasi UNP atas pelaporan tahunannya. Ia berterima kasih kepada UNP atas pengabdian masyarakat, KKN, serta program-program UNP yang juga mendukung program pemerintah Sumbar.

Sinergi antar perguruan tinggi, terutama UNP, memberikan dampak yang sangat baik bagi perkembangan pendidikan di Sumbar. Pada kesempatan itu, juga dilakukan peresmian gedung Fakultas Teknik (Gedung A Dekanat) dan gedung laboratorium Fakultas Ilmu Sosial UNP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.