Unismuh Makassar Mengadakan Acara MACCA 2023 Batch 2 untuk Meningkatkan Kerjasama Akademik dan Budaya Antar Universitas

oleh -205 Dilihat
oleh

Medan, Rizk News – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Menggelar Acara MACCA 2023 Batch 2 untuk Meningkatkan Kerjasama Akademik dan Budaya Antar Universitas

Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar baru-baru ini mengadakan acara Makassar Academic and Cultural Heritage Activity (MACCA) 2023 Batch 2 di Balai Sidang Muktamar 47, Jalan Sultan Alauddin, Makassar pada hari Jumat (5/5).

Acara ini dihadiri oleh 34 mahasiswa asing dari empat universitas asing, yaitu Universiti Malaysia Sabah, Universiti Kelantan Malaysia, Songkhla Rajabhat University Thailand, dan Yala Rajabhat University Thailand.

Selain itu, terdapat 15 dosen pendamping dan dosen tamu yang turut serta dalam acara ini, dengan 10 dosen berasal dari Malaysia dan 5 dosen dari Thailand. MACCA merupakan program unggulan dalam kegiatan Pertukaran Dosen dan Mahasiswa di Unismuh Makassar untuk tahun 2023.

“Dengan perasaan syukur, hari ini kita menyambut kehadiran empat universitas asing di Kota Makassar dan Unismuh Makassar, tentunya kegiatan ini memberikan berkah dan memiliki makna yang mendalam,” ujar Profesor Ambo Asse, Rektor Unismuh Makassar, saat menyampaikan sambutan selamat datang.

Kedatangan para peserta MACCA diharapkan dapat berpartisipasi dan berkreasi di Makassar sehingga menghasilkan dampak positif yang dapat mereka bawa kembali ke universitas masing-masing.

“Saya sekali lagi mengucapkan selamat datang dan berharap apa yang ada di Makassar ini dapat menjadi objek penelitian dan pembelajaran bagi para dosen dan mahasiswa asing,” tambahnya.

Sementara itu, Maharida, Ketua Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerjasama, dan Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh, menjelaskan bahwa program MACCA kali ini melibatkan Program Pascasarjana.

“Semua kegiatan MACCA dimulai dari kemarin hingga Kamis mendatang. Para tamu yang hadir akan mengikuti program tiga hari kegiatan akademik di Kampus, dua hari kegiatan pengabdian masyarakat di Pangkep dan Maros, serta dua hari kegiatan mobilitas,” jelasnya.

Maharida juga menyebutkan bahwa program ini akan berlangsung sebanyak 14 pertemuan.

“Kegiatan dari hari pertama hingga terakhir akan dibagi menjadi 14 kali pertemuan. Jadi semua kegiatan yang dilakukan dalam MACCA gelombang kedua ini akan diklasifikasikan menjadi satu semester,” tuturnya.

Abd Rakhim Nanda, Penanggung Jawab Program dan juga Wakil Rektor I Unismuh, mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya program MACCA ini.

“Setelah semua kegiatan di sini selesai, komunikasi akan tetap berlangsung secara kontinu selama satu semester. Jadi, semua aktivitas mahasiswa akan dianggap sebagai satu semester baik di universitas asal maupun di Unismuh Makassar,” jelasnya.

Setelah program ini selesai, kelompok komunikasi akan tetap terjaga dan akan melakukan pertemuan online satu kali dalam seminggu untuk membahas kelanjutan dari semua aktivitas yang dilakukan selama di Unismuh Makassar.

Para peserta akan disebar ke fakultas-fakultas sesuai dengan disiplin studi masing-masing. Unismuh Makassar memiliki delapan fakultas yang meliputi Fakultas Agama Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Fakultas Hukum, dan Program Pascasarjana.

Melalui program MACCA ini, diharapkan terjalin kerjasama akademik dan budaya yang erat antara Unismuh Makassar dengan universitas-universitas asing. Para mahasiswa dan dosen tamu akan memiliki kesempatan untuk saling belajar dan berbagi pengetahuan serta pengalaman dari berbagai negara.

MACCA juga menjadi wadah untuk menjalin hubungan yang lebih luas dengan universitas-universitas asing, yang nantinya dapat membuka peluang kerjasama lebih lanjut dalam bidang penelitian, pertukaran dosen dan mahasiswa, serta pengembangan program akademik bersama.

Dalam era globalisasi ini, penting bagi perguruan tinggi untuk memiliki jaringan internasional yang kuat. Melalui program seperti MACCA, Unismuh Makassar dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan reputasinya sebagai lembaga pendidikan yang terbuka dan berdaya saing global.

Diharapkan bahwa MACCA akan terus menjadi program unggulan yang memberikan manfaat positif bagi mahasiswa, dosen, dan Unismuh Makassar secara keseluruhan. Kerjasama lintas budaya dan akademik yang terjalin dalam program ini akan menjadi modal berharga dalam menghadapi tantangan global di masa depan.

Dengan demikian, Unismuh Makassar melalui program MACCA berkomitmen untuk terus mengembangkan kerjasama dengan universitas-universitas asing guna meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang memiliki wawasan global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.