UIN Palu Gelar Pameran untuk Memperkenalkan Potensi Mutu Akademik dan Dukung UMKM

oleh -209 Dilihat
oleh

Medan, Rizk News – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, mengadakan pameran sebagai bentuk upaya sosialisasi dan pengenalan potensi mutu akademik perguruan tinggi tersebut kepada masyarakat. Ketua Panitia Dies Natalis UIN Palu, Profesor Abidin Djafar, menjelaskan bahwa pameran ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis UIN Palu tahun 2023, yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 hingga 16 di lingkungan UIN Palu.

Melalui pameran ini, UIN Palu bertujuan untuk memperkenalkan hasil karya ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa dan dosen kepada masyarakat di Sulawesi Tengah. Selain itu, pameran ini juga menjadi wujud dari komitmen dan konsistensi UIN Palu dalam mendukung dan mengembangkan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) masyarakat Sulteng.

Untuk itu, UIN Palu menjalin sinergi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk melibatkan pelaku UMKM agar dapat ikut serta memasarkan produk-produk mereka dalam pameran tersebut. Pameran ini tidak mengenakan biaya pendaftaran bagi pelaku UMKM, melainkan panitia memberikan keikutsertaan mereka secara gratis. UIN Palu juga telah menyiapkan sarana yang diperlukan untuk mendukung kehadiran pelaku UMKM dalam pameran ini.

Profesor Abidin, yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Palu, menyatakan bahwa sebagai perguruan tinggi, UIN Palu memiliki kewajiban untuk mendukung pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah melalui tiga fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Oleh karena itu, Dies Natalis tidak hanya menjadi seremoni semata, tetapi juga mengusung konsep pengembangan mutu akademik, promosi, dan pemberdayaan. Selain pameran, acara Dies Natalis juga akan dirangkaikan dengan kegiatan olahraga dan stadium general yang menghadirkan para tokoh sebagai pembicara.

Dengan adanya pameran ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal potensi mutu akademik UIN Palu serta mendukung pengembangan UMKM sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas dan kontribusi perguruan tinggi dalam pembangunan daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.