Mengintegrasikan Prestasi Akademik dan Olahraga: Inovasi Sekolah Terang Bangsa yang Ditiru oleh Sekolah Lainnya

oleh -214 Dilihat
oleh

Medan, Rizk News – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengajak seluruh sekolah di Indonesia untuk mengintegrasikan prestasi akademik siswa dengan prestasi olahraga.

Tujuannya adalah agar siswa yang berprestasi di bidang olahraga tetap dapat memperoleh pendidikan yang sebanding dengan siswa lainnya dan mencapai keseimbangan antara akademik dan olahraga.

Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo mengungkapkan bahwa Sekolah Terang Bangsa telah berhasil menggabungkan kurikulum pendidikan dengan olahraga, dan inovasi ini bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya. Pernyataan tersebut disampaikan saat kunjungannya ke Sekolah Terang Bangsa di kawasan Marina Semarang pada hari Selasa (9/5).

Dalam penjelasannya, Dito menjelaskan bahwa Sekolah Terang Bangsa telah mampu menyusun kurikulum pendidikan dengan melibatkan pelatih dari Belanda untuk menyelaraskan kurikulum akademik dengan olahraga.

Langkah ini dianggap dapat mendukung pengembangan atlet sejak usia dini, dengan tidak hanya menekankan aspek fisik tetapi juga pendidikan. Menurut Dito, apa yang dilakukan oleh Sekolah Terang Bangsa dapat menjadi dasar bagi pembinaan atlet usia dini guna mencetak atlet nasional maupun internasional dari Indonesia.

“Sebagai sekolah swasta, inisiatif ini berasal dari pendiri sekolah tersebut. Hal ini patut diapresiasi dan bisa dijadikan contoh untuk diterapkan di sekolah negeri maupun swasta di Indonesia. Ini juga sesuai dengan harapan Presiden Jokowi bahwa pendidikan talent scouting dan olahraga dimulai sejak usia dini,” kata Dito.

Lebih lanjut, Dito mengharapkan para siswa yang memilih jalur prestasi di bidang olahraga dari Sekolah Terang Bangsa dapat menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia dan mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional.

Dito juga mengimbau Sekolah Terang Bangsa untuk tidak hanya fokus pada mencetak atlet sepak bola dan basket, tetapi juga memperluas cabang olahraga yang diwadahi.

“Ini dapat menjadi contoh bagaimana mengembangkan pendidikan berbasis olahraga. Kementerian Pemuda dan Olahraga siap berkolaborasi dan memberikan dukungan kepada atlet muda berprestasi dalam hal beasiswa di luar negeri,” tambahnya.

Dengan adanya kolaborasi antara pendidikan dan olahraga, diharapkan anak-anak Indonesia dapat meraih prestasi yang gemilang baik di bidang akademik maupun olahraga. Integrasi ini memungkinkan mereka untuk mengembangkan potensi sekaligus memperoleh pendidikan yang baik. Kemenpora siap mendukung dan memfasilitasi para atlet muda berbakat untuk meraih kesuksesan di dunia olahraga internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.