Prof Dr Nurhayati Dilantik sebagai Rektor UIN SU Medan, Menag Mendorong Transformasi Layanan Publik

oleh -217 Dilihat
oleh

Meda, Rizk News – Prof Dr Nurhayati, MA, seorang guru besar di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan dan Kepala Perpustakaan UIN SU, telah dilantik sebagai Rektor UIN SU Medan periode 2023-2027 oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta pada Selasa (9/5).

Penentuan rektor dilakukan oleh Menteri Agama setelah melalui beberapa tahapan, mulai dari seleksi tingkat Senat UIN SU Medan hingga uji kelayakan dan kepatutan di tingkat kementerian beberapa waktu lalu. Prof Nurhayati terpilih dari 15 calon rektor, di mana 12 calon berasal dari UIN SU, dua dari UIN Yogyakarta, dan satu dari UIN Ar Raniry.

Sub Koordinator Humas dan Informasi UIN SU, Yunni Salma, MM, mengonfirmasi pengumuman sekaligus pelantikan Rektor UIN SU yang baru tersebut. Yunni menyatakan, “Alhamdulillah, Prof Nurhayati dilantik hari ini sebagai Rektor UIN SU periode 2023-2027. Sebelumnya, suksesi rektor ini diikuti oleh 15 calon, dan Prof Nurhayati menjadi satu-satunya calon perempuan.”

Pada tanggal 2-4 Mei lalu, Prof Nurhayati bersama dengan calon-calon lainnya mengikuti seleksi tingkat kementerian di Kota Surabaya berdasarkan surat Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Nomor: B-381/DJ.I.Dt.I.III/HM.01/04/2023. Prof Nurhayati membawa dokumen-dokumen yang diperlukan dan memaparkan materi di hadapan pimpinan kementerian untuk penilaian dalam seleksi final. Pengumuman dan pelantikan rektor terpilih dilakukan di Jakarta pada Selasa (9/5).

Proses penjaringan Rektor UIN SU Medan periode 2023-2027 dimulai pada tanggal 4 Januari 2023 dengan tahap pengumuman dan sosialisasi penjaringan rektor. Tahap pendaftaran bakal calon rektor dilaksanakan pada tanggal 18-31 Januari. Mekanisme penjaringan ini dilaksanakan oleh panitia penjaringan (panjar) yang dibentuk oleh Pelaksana tugas (Plt) Rektor UIN SU Medan, Prof Dr Abu Rokhmad, M.Ag, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Rektor UIN SU Nomor: 6/2023 tentang panitia penjaringan Rektor UIN SU masa bakti 2023-2027.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memimpin prosesi pelantikan, pengambilan sumpah janji jabatan, dan penandatanganan berita acara yang diadakan di Ruang OR Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat No 3-4 Jakarta. Acara tersebut disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Nizar dan Irjen Kemenag Faisal.

Dalam arahannya, Menag menekankan pentingnya efektivitas dan aksesibilitas birokrasi serta mempercepat transformasi layanan publik. Menag berpesan kepada pejabat yang dilantik untuk menggunakan kesempatan jabatan tersebut dalam menciptakan kebaikan sebanyak mungkin. Ia juga mengingatkan agar organisasi tidak hanya berjalan sebagaimana adanya atau sekadar menghabiskan anggaran, melainkan harus menjalankan program dengan tanggung jawab dan efektivitas.

Menag juga mengharapkan para pejabat yang dilantik dapat melaksanakan program dengan penuh tanggung jawab demi kemaslahatan yang lebih luas. Ia menyoroti pentingnya digitalisasi layanan, pengelolaan data, dan pembinaan pegawai sebagai program prioritas.

Prof Abu Rokhmad menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada Prof Nurhayati atas pelantikan sebagai Rektor UIN SU Medan periode 2023-2027 oleh Menteri Agama RI. Ia berdoa agar Prof Nurhayati selalu mendapatkan perlindungan dan kasih sayang Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam menjalankan tugasnya.

Dengan pelantikan Prof Nurhayati sebagai Rektor UIN SU Medan, diharapkan akan terjadi perkembangan yang positif dalam pengembangan pendidikan dan pelayanan di universitas tersebut. Prof Nurhayati sebagai seorang guru besar dan kepala perpustakaan yang berpengalaman diharapkan dapat membawa UIN SU Medan menuju kesuksesan yang lebih baik dalam periode kepemimpinannya yang baru.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.