Universitas Negeri Makassar (UNM) Menggelar Orientasi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap I Tahun 2023

oleh -253 Dilihat
oleh

Medan, Rizk News – Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan orientasi akademik bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) Tahap I Tahun 2023. Orientasi ini dilaksanakan secara daring maupun luring pada Senin (8/5).

Dalam kesempatan ini, mahasiswa PPG Daljab yang merupakan guru Kemendikbudristek dan guru Kementerian Agama dari berbagai bidang studi diajak untuk menunjukkan kinerja terbaik dan berbagi pengalaman kepada guru lain dan peserta didik. Sebelum orientasi akademik dilaksanakan, beberapa tahapan program PPG Dalam Jabatan Tahap 1 Tahun 2023 telah dilaksanakan, seperti penetapan peserta pada tanggal 19 April 2023 dan tahapan pembelajaran mandiri dari tanggal 24 April hingga 7 Mei 2023. Selain itu, tahapan lapor diri mahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahap 1 juga telah dilaksanakan oleh pengelola PPG Universitas Negeri Makassar pada tanggal 2 hingga 5 Mei 2023.

Dalam laporan tersebut, Ketua PPG UNM, Darmawan, menyampaikan bahwa terdapat 1485 mahasiswa yang ditempatkan di UNM dalam Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2023 pada Tahap 1. Jumlah mahasiswa tersebut terdiri dari tiga kategori, yaitu kategori PPG Dalam Jabatan, kategori program guru penggerak, dan kategori ex PLPG untuk guru di lingkungan Kemdikbidristek.

Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN, Eng, dalam sambutannya melalui sesi daring melalui zoom, menyampaikan harapannya agar peserta PPG Dalam Jabatan dapat mengikuti program dengan sungguh-sungguh sebagai guru profesional. Ia berharap mereka dapat menunjukkan kinerja terbaik dan berbagi pengetahuan kepada guru lain dan peserta didik. Sebagai guru profesional, mereka harus memiliki performa terbaik dalam Program PPG Dalam Jabatan ini.

Selain itu, Prof. Husain Syam juga menjelaskan bahwa orientasi akademik tahap awal ini akan memberikan bekal dan wawasan kepada mahasiswa mengenai pengembangan profesionalisme guru. Salah satu tantangan ke depan bagi guru profesional adalah mengenalkan kurikulum, sistem pembelajaran, dan manajemen pembelajaran dalam PPG Dalam Jabatan.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbudristek, Prof. Dr. Nunuk Suryani, M. Pd, memberikan kuliah umum kepada mahasiswa PPG Daljab dalam kesempatan tersebut. Prof. Nunuk Suryani menjelaskan bahwa program PPG Daljab Tahap I ini merupakan salah satu program unggulan dari Kemendikbudristek dalam upaya mewujudkan guru yang unggul dan profesional di bidangnya. Program ini merupakan langkah pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru yang telah memiliki pengalaman mengajar di satuan pendidikan di wilayah masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.