UAD Membangun Kampus Baru untuk Dukung Kegiatan Akademik dan Unit Bisnis

oleh -241 Dilihat
oleh

Medan, Rizk News – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) telah memulai pembangunan kampus baru yang diberi nama Kampus 1 Unit B. Acara peletakan batu pertama dilakukan pada Ahad (14/5/2023) dan direncanakan akan selesai pada Mei 2024 untuk tahap pertama.

Pembangunan kampus ini dilakukan dengan tujuan untuk mendukung kegiatan akademik serta unit bisnis yang ada di UAD. Menurut Ketua Panitia Pembangunan Kampus 1 Unit B UAD, Utik Bidayati, gedung baru tersebut tidak hanya akan digunakan untuk kegiatan akademik, tetapi juga akan menyediakan ruang kantor untuk unit bisnis yang dimiliki oleh UAD. Selain itu, gedung tersebut juga memiliki potensi untuk menjadi pusat bisnis.

Utik menjelaskan bahwa pembangunan kampus baru ini dilakukan karena kegiatan akademik di Kampus 1 UAD telah sangat padat, terutama bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Psikologi. Namun, ketersediaan sarana dan prasarana di Kampus 1 masih terbatas. Sebanyak 15 persen mahasiswa UAD menjalankan kegiatan akademik di Kampus 1.

Dengan jumlah mahasiswa UAD yang terus bertambah sekitar empat persen setiap tahunnya, diperkirakan akan ada peningkatan jumlah mahasiswa yang akan menempati Kampus 1. Oleh karena itu, pembangunan kampus baru ini dianggap perlu untuk memenuhi kebutuhan kegiatan akademik.

Kampus 1 Unit B direncanakan memiliki delapan lantai dengan total ketinggian sekitar 31 meter dan luas tanah sekitar 2.100 meter persegi. Luas bangunan yang akan dibangun mencapai sekitar 9.872 meter persegi.

Selain untuk kegiatan perkuliahan, kampus baru ini juga akan menjadi pusat bisnis untuk unit usaha yang dimiliki oleh UAD. Selain itu, akan disediakan pula amphitarium sebagai fasilitas penunjang kegiatan di kampus.

Dengan pembangunan ini, diharapkan tersedia sekitar 43 ruang kelas dengan kapasitas 60 hingga 48 mahasiswa per kelas. Hal ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Psikologi, serta mendukung pengembangan unit bisnis di UAD.

Pembangunan Kampus 1 Unit B ini akan dilakukan dalam dua tahap, dimana tahap pertama akan diselesaikan dalam satu tahun untuk satu zona di sisi selatan. Diharapkan dengan luas area yang ada, kampus ini mampu menampung sekitar 2.350 mahasiswa setiap sesi perkuliahan.

Dengan adanya pembangunan kampus baru ini, diharapkan UAD dapat memberikan fasilitas yang lebih baik kepada mahasiswa, khususnya yang berada di Kampus 1.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.